Saturday, February 26, 2011

Cokla Tidak Menyebabkan Jerawat !

Ramai orang mengatakan bahawa coklat dapat menyebabkan jerawat. Jerawat secara mendasar disebabkan oleh meningkatnya kadar testoteron dalam darah dan belum ada bukti bahawa coklat menimbulkan jerawat. Dalam kaitannya dengan caries gigi bahawa asam hasil fermentasi sukrosa dapat menyebabkan pengikisan gigi. Tetapi, coklat dapat menuetralkan asam tersebut. Selain itu coklat mengandung asam Tannat yang dapat menghambat pembentukan plak gigi. Coklat mengandung kafein dan theobromine. Kandungan kafein dalam coklat ternyata lebih rendah dibandingkan kopi atau teh. 

Cerita tentang jerawat dimulai dari kelenjar sebaseus (kelenjar minyak di kulit) yang abnormal, yang menjadi lebih akitif daripada kelenjar sebaseus normal. Kelenjar sebaseus membuka kearah folikel rambut, sementara folikel rambut membuka ke arah kulit. Kelenjar sebaseus, yang menutupi sebagian besar tubuh, paling banyak ditemukan di bagian wajah dan dada, namun tidak terdapat di telapak kaki dan telapak tangan. Kelenjar ini memproduksi cairan minyak yang disebut sebum—sehingga diberi nama kelenjar sebaseus. Jadi, adalah normal bagi tubuh untuk memproduksi sebum yang merupakan campuran dari berbagai macam lemak, misalnya trigliserida, kolesterol dan lilin.

Jerawat timbul karena kelenjar sebaseus yang terlalu aktif. Campuran kelenjar sebaseus, keratin, dan sel-sel mati menyumbat mulut kelenjar sehingga membengkak. Terkadang kondisi jerawat memburuk. Dalam kasus jerawat yang lebih rumit, bakteri menyerang dan menginfeksi kelenjar yang menggembung. Lebih parah lagi, isi kelenjar yang bengkak tadi dapat keluar dan memasuki jaringan sekelilingnya, menyebabkan radang dan kista.
Mengapa orang mencoba mengaitkan cokelat dan jerawat? Jawabannya adalah, baik cokelat maupun sebum kaya akan lemak. Orang beranggapan bahwa jika Anda makan banyak cokelat, tubuh Anda kemudian akan mencoba membuang lemak dalam cokelat dengan menyemprotkannya keluar kelenjar sebaseus. Menurut teori ini, artinya kelenjar  sebaseus yang terlalu penuh kemudian akan tersumbat dan akan menyebabkan jerawat.










No comments:

Post a Comment